Inilah 5 Tahapan PPDB DKI Jakarta 2020 Online Lengkap yang Dibuka Hari Ini

5 Tahapan PPDB DKI Jakarta 2020 Online Lengkap yang Dibuka Hari Ini

PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) di wilayah DKI Jakarta tahun 2020 ini resmi dibuka pada hari ini, Kamis (11/6/2020). Calon siswa yang mencari sekolah ke jenjang yang lebih tinggi bisa melakukan pendaftaran sesuai dengan tahapan dan jadwal yang diberikan.


Dikutip dari Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Nomor 501 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020/2021, PSBB yang dibuka adalah jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur prestasi akademik dan luar DKI Jakarta, jalur prestasi non akademik, dan jalur pindah tugas orang tua dan anak guru.

Nah berikut ini adalah tahapan-tahapan Mekanisme Pelaksaan PPDB:

1. Prapendaftaran
Tahapan ini dilakukan dengan sistem online di alamat ppdb.jakarta.go.id. Adapun, prapendaftaran ini dilakukan oleh calon peserta didik baru/orang tua/wali dengan mengunggah foto atau hasil pindai dokumen asli sesuai ketentuan jalur yang dipilih.

Adapun, dokumen yang harus disiapkan, sebagai berikut:

a.menyiapkan berkas persyaratan dalam bentuk hasil pindai atau foto
dokumen asli:
1) Akta Kelahiran/surat keterangan dari Kelurahan;
2) Kartu Keluarga;
3) Sertifikat Akreditasi;
4) Nilai Rapor; dan
5) Surat Pertanggungjawaban Mutlak keabsahan dokumen;

Setelah dokumen dirasa lengkap, calon peserta didik bisa mengakses situs dan mengajukan akun dengan klik 'Pengajuan Akun'. Lalu, unggah berkas persyaratan yang telah disiapkan, cetak bukti pengajuan yang berisi PIN/token setelah diverifikasi oleh operator.

Terakhir, setelah memperoleh token dilanjutkan dengan proses aktivasi PIN
dan proses pendaftaran. Prapendaftaran ini dibuka mulai tanggal 11 Juni hingga 3 Juli 2020. Kecuali pada hari Minggu dan hari libur nasional.

2. Pengajuan Cetak PIN/Token
Pada tahap ini, calon peserta didik bisa mengajukan cetak PIN/token dengan mengakses situs resmi PPDB. Selanjutnya, mengajukan akun dengan cara klik tombol pengajuan akun. Isi formulir secara online, terakhir cetak tanda bukti pengajuan yang berisi nomor peserta dan PIN/token untuk aktivasi.

3. Aktiviasi PIN/Token
Selanjutnya, calon peserta didik yang telah memiliki PIN/Token PPDB DKI Jakarta bisa melakukan pendaftaran. Pertama dilakukan dengan mengakses situs PPDB, lalu aktivasi akun dengan input Nomor Peserta (dari Daftar Nominasi Tetap (DNT) untuk PPDB SMP, SMA, dan SMK) dan token.

Ganti PIN/token dengan password, setelah itu lanjut pada tahap pendaftaran.

4. Pendaftaran
Pendaftaran dilakukan secara online juga di alamat ppdb.jakarta.go.id. Sistem pelayanan informasi ini dibuka 24 jam nonstop. Calon peserta didik login terlebih dahulu dengan input Nomor Peserta dan Password.

Lalu, pilih sekolah tujuan, cetak tanda bukti pendaftaran, dan terakhir peserta yang dinyatakan diterima di sekolah pilihan wajib melanjutkan fase lapor diri.

5. Lapor Diri
Tahap terakhir dari PPDB DKI Jakarta adalah lapor diri. Tahap ini dilakukan secara online dengan mengakses situs resmi PPDB DKI lalu, login dan klik tombol lapor diri. Cetak tanda bukti lapor diri dan simpan.

Demikianlah mekanisme PPDB DKI Jakarta 2020 Online Lengkap yang Dibuka Hari Ini

Posting Komentar

0 Komentar