Home » , , » Inilah 10 fakta kehidupan suku mante di Aceh yang sudah terungkap

Inilah 10 fakta kehidupan suku mante di Aceh yang sudah terungkap

Written By Bagipost.com on Jumat, 26 Juli 2019 | 20.46


Inilah 10 fakta kehidupan suku mante di Aceh yang sudah terungkap
Kehidupan suku mante
Negara Indonesia adalah negara yang besar yang terdiri atas berbagai suku. Dengan begitu pesatnya kemajuan Indonesia ternyata masih ada suku pedalaman yang tidak mau berinteraksi langsung dengan masyarakat pada umumnya seperti yang terjadi pada Suku Mante yang ada di Aceh. Suku mante sampai saat ini masih menjadi topik pembicaaran oleh para netizen terutamanya para youtuber, sehingga kalau memasukan kata kunci Suku mante akan keluar begitu banyak video pencarian sampai ke penampakan suku mante. Apa dan siapa sebenarnya suku mante itu? berikut ini akan diulas.

10 fakta kehidupan suku mante di Aceh

1. Masih Ada Sampai Sekarang
Meskipun tidak sepopuler suku yang lainnya, namun Suku Mante masih eksis sampai sekarang. Namun karena keberadaannya yang jauh di dalam hutan membuat banyak orang asing dengan suku yang satu ini. Bahkan bagi kalangan warga asli Aceh sendiri mengaku belum pernah bertemu dengan suku Mante.

2. Menjadi Suku Terasing
Suku Mante memilih untuk hidup di gunung-gunung maupun di hutan-hutan yang sulit terjamah manusia. Sehingga menjadikannya sebagai suku yang terasing karena jarang berinteraksi langsung dengan masyarakat aceh pada umumnya. Aktivitas dari suku ini juga tidak diketahui secara luas karena sifat mereka yang sangat tertutup.

3. Bentuk Fisik Yang Unik
Tidak seperti suku pada umumnya, bentuk fisik dari Suku Mante juga berbeda yaitu lebih kecil dengan postur tubuh agak bungkuk namun sangat lincah. Tinggi rata-rata mereka hanya 60-70 cm dengan tinggi maksimal hingga 1 meter.

4. Berlari Dengan Cepat
Suku Mante memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat. Hal itu dapat diketahui dari rekaman video yang beredar dan menjadi viral. Dalam video tersebut, manusia kerdil yang diduga sebagai Suku Mante terlihat berlari sangat cepat dan masuk ke dalam hutan.

5. Terlihat Di Waktu Subuh
Meskipun ada beberapa warga yang pernah bertemu dengan Suku Mante pada siang hari, namun mereka rata-rata keluar pada waktu subuh. Pada saat inilah, mereka keluar dari gua tempat mereka tinggal. Kegemaran mereka adalah menyusuri sungai untuk mengambil air di sungai sekaligus mencari makanan. Kemudian pada malam hari mereka akan kembali ke tempat tinggal mereka yaitu di gua-gua maupun celah gunung.

6. Hidupnya Nomaden
Meskipun banyak ditemukan di kawasan Aceh Besar, namun Suku Mante hidupnya nomaden (berpindah-pindah) sehingga banyak ditemukan di daerah lainnya. Namun, pada saat Hindu masuk ke Indonesia, Suku Mante berpindah ke kawasan hutan belantara Aceh. Bahkan, ada yang menetap di daerah Gayo dan Aceh Tamiang. Kemudian pada saat masuknya islam, mereka pun pindah ke tempat lain karena tidak mau diislamkan.

7. Memiliki Bahasa Sendiri
Dalam berkomunikasi Mante juga memiliki bahasa khas yang hanya dipahami oleh sesamanya. Namun, untuk aksen maupun logatnya belum diketahui secara pasti dikarenakan belum banyak yang berinteraksi langsung dengan suku ini.
Hanya saja, pernah ada warga lokal yang tersesat dan ditunjukkan jalan oleh Suku ini dengan menggunakan bahasa isyarat. Yaitu dengan menggoreskan kuku tangannya di tanah ke kanan ke kiri dan kanan atau lurus.

8. Menghindar Dari Manusia dan Sulit terdeteksi
Mereka selalu merasa terancam jika bertemu dengan orang asing sehingga sebisa mungkin akan menghindari kontak dengan suku lainnya. Suku ini juga lebih sering ditemukan sendirian daripada bergerombolan.
Suku ini memiliki koridor sendiri yang berbeda dengan koridor satwa. Itulah alasan mengapa aktivitas Suku ini tidak terekam oleh kamera jebakan yang dipasang oleh oleh aktivitas lingkungan. Akibatnya, keberadaan dari suku ini pun belum bisa terdeteksi secara detail dan menyeluruh.

9. Kebiasaan Yang Unik
Jika manusia pada umumnya tidak menyukai tanah yang becek, namun berbeda dengan Suku Mante. Mereka justru menyukai tanah yang becek. Uniknya lagi, mereka juga tidak menggunakan api dalam menjalani kebutuhan sehari-hari.

10. Pemakan Segala (omnivora)
Sama seperti manusia pada umumnya, Suku Mante juga pemakan segala (omnivora). Mereka makan apa saja yang dijumpai di hutan. Mulai dari ikan, ayam hutan, lumut, salak hutan, hingga dedaunan.

Demikianlah 10 fakta kehidupan suku mante di pedalaman aceh yang saat ini sedang dicari-cari terutamanya oleh beberapa kretor youtube untuk di publish karena banyak orang yang penasaran.
Share this article :
 
Support : Buwik.com | Blilah.com | Jasa Website
Copyright © 2011. BagiPost.com - All Rights Reserved
Template Created by Pasang Iklan Gratis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger