Home » , » Pengertian Internet/Intranet

Pengertian Internet/Intranet

Written By Rah Toem on Kamis, 12 September 2013 | 05.39

BAB 1.
DASAR-DASAR PENGGUNAAN INTERNET
1.1. Pengertian Internet/Intranet
Internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antar jaringan komputer (network). Sedangkan network sendiri diartikan sebagai suatu sistem komunikasi data antar komputer. Internet merupakan jaringan rangkaian komputer dengan rangkaian komputer lain di seluruh dunia.Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone.


Jadi pengertian internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer  yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem. Sedangkan pengertian Internet secara khusus adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia Pada internet terdapat dua tipe komputer, yaitu:

1. Komputer server
Yaitu segala informasi yang ada pada internet yang di sediakan oleh komputer server
2. Komputer client
Yaitu komputer client ini hanya menerima informasi atau layanan internet. Misalnya: saat kita menggunakan komputer untuk mengakses internet, baik di rumah, sekolah atau di warnet.

Internet mempunyai 2 peranan yang sangat penting yaitu :
1. Sebagai sumber data dan informasi
Dimana internet menyimapan berbagai jenis data informasi, internet menyimpan berbagai jenis data informasi dengan jumlah banyak. Kita juga dapat mengakses berbagai informasi sesuai degan kebutuhan selain itu kita juga bisa menempatkan informasi yang dimiliki ke internet agar dapat di akses oleh pengguna internet lainnya.
2. Sarana pertukaran data dan informasi
Internet memberi kemudahan bagi penggunanya untuk saling berkomunikasi serta bertukar data dan informasi dengan cepat. Pertukaran tersebut dapat dilakukan dari satu komputer dengan komputer lainnya tanpa dibatasi oleh jarak fisik komputer tersebut.

Untuk mendapatkan akses internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP). Dengan jasa perusahaan ISP ini, kita bisa mendapatkan jalur internet (online) setelah menghubungkan komputer kita dengan komputer servernya.
Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol internet (TCP/IP), untuk membagi informasi internal yang terdiri dari beberapa atau banyak komputer dalam cakupan tertentu, seperti dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. Protokol ini memungkinkan suatu komputer mengirim dan memberi alamat data ke komputer lain sekaligus memastikan pengiriman data sampai tujuan dengan tanpa kurang apa pun. Intranet berkembang pesat di Amerika – Netscape (13/11/1995) melaporkan bahwa sebagian besar penjualan server ke perusahaan di amerika di gunakan untuk intranet. Di Indonesia intranet telah digunakan oleh beberapa perusahaan walaupun, terbatas pada perusahaan komputer, dan indstri besar lainnya.  Intranet juga di artikan sebagai konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Atau bisa dikatakan Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet. Misalnya: jaringan komputer-komputer PT. Telkom seluruh Indonesia.
Jadi dibilang “internet” khusus. Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satu dengan yang lain, persis seperti internet tatapi layanannya terbatas, tidak seluas dan seberagam di internet.  Jadi dapat di simpulkan bahwa intranet adalah jaringan lokal PC to PC dalam 1 tempat, sedangkan internet perluasan dari intranet
Share this article :
 
Support : Buwik.com | Blilah.com | Jasa Website
Copyright © 2011. BagiPost.com - All Rights Reserved
Template Created by Pasang Iklan Gratis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger