Home » , » Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

Written By Rah Toem on Kamis, 12 September 2013 | 06.11

1.2. DASAR SISTEM JARINGAN INTERNET

1.2.1. Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainya yang terhubung dalam satu kesatuan. Seringkali kita mendengar kata internet, sekilas mungkin kita akan berpikir bahwa yang namanya internet merupakan sebuah jaringan yang sangat besar dan terdiri dari banyak kompuer. Atau bahkan bagi orang yang awam internet sering diartikan sebagai browsing, chatting, dan lain-lain.

Pengertian ini merupakan sebuah pandangan yang kurang benar. Karena sebenarnya internet adalah kumpulan dari jaringan-jaringan kecil dan besar yang saling terhubung secara real-time atau terus menerus di seluruh dunia. Dalam suatu sistem jaringan, dimana seluruh komputer saling berbagi data dan resources satu sama lain sehingga tercapai efisiensi dalam pemanfaatan teknologi, amat dibutuhkan perangkat-perangkat khusus dan instalasi tertentu.
Pada kesempatan ini akan dijelaskan beberapa peralatan yang digunakan dalam system jaringan serta pengaturan TCP/IP pada sistem operasi Windows.

Berdasarkan luas daerah atau wilayah yang dapat dijangkau, maka jaringan komputer dapat di golongkan ke dalam 3 jenis, yaitu :

1. Local Area Network (LAN)
Jarak jangkauannya sampai 10 km. Biasanya merupakan jaringan komputer untuk satu kantor yang digunakan untuk koordinasi antar bagiannya yang bersifat lokal.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
Jarak jangkauannya antara 10 - 50 km. Biasanya merupakan jaringan komputer antar perusahaan ataupun antar pabrik dalam satu wilayah kota

3. Wide Area Network (WAN)
Jarak jangkauannya lebih dari 50 km. Jaringan ini memiliki jangkauan yang sangat jauh, sehingga dapat mencapai seluruh bagian dunia.

Berdasarkan metode pengorganisasiannya, jaringan komputer dibagi dalam 3 model pengorganisasian :
1. Peer to peer
Model Jaringan ini tidak memiliki server khusus. Masing-masing komputer membiarkan resources yang ada padanya untuk dapat digunakan oleh komputer lain. Komputer-komputer tersebut diorganisasikan ke dalam sebuah Workgroup.
2. Client-Server
Jaringan ini menggunakansebuah server yang bertugas untuk melayani sejumlah client.
3. Hybrid
Jaringan ini merupakan gabungan dari model peer to peer dan model client-server.
Share this article :
 
Support : Buwik.com | Blilah.com | Jasa Website
Copyright © 2011. BagiPost.com - All Rights Reserved
Template Created by Pasang Iklan Gratis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger